Central Processing Unit (CPU) pada Sistem Komputer

Model – model sistem komputer dari segi mesin (hardware) memiliki tiga komponen utama yang terdiri dari storage unit, control processing unit(cpu), dan input output. Salah satu komponen utama yang akan dijelaskan yaitu Control Processing Unit.

CPU

Unit Pengolah Pusat (UPP) merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain processor (pengolah data) sering digunakan untuk menyebut CPU. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal.

Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU. Proses kerja komputer itu sendiri adalah untuk mengendalikan seluruh kegiatan pengolahan data dimulai dari membaca data dari peralatan, mengolah data sampai pada mengeluarkan informasi data yang telah dibaca dan diolah tadi (Output).

Komponen CPU terbagi menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut:

1. Control Unit (CU)

Mampu mengatur jalannya program. Komponen ini sudah pasti terdapat dalam semua CPU. CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. Termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.

Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:

  • Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
  • Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
  • Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
  • Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.
  • Menyimpan hasil proses ke memori utama.

2. Register

Merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya di gunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.

3.  Arithmetic Logical Unit (ALU)

Bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering disebut bahasa mesin karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.

4. CPU Interconnections

Yaitu sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan/keluaran.

Berikut adalah pengertian lengkap CPU secara keseluruhan dan hal-hal yang tersimpan dalam CPU seperti berikut :

1. Mainboard

Mainboard merupakan perangkat dalam komputer yang berfungsi sebagai tempat untuk menata letak beberapa peralatan lain yang tersimpan dalam komputer  seperti Processor, memory, kabel hard disk, sound card, dan VGA Card. Mainboard terdiri atas beberapa jenis, antara lain AT 486 , Pentium I, Pentium II, Pentium III, pentium IV, dan Gigabyte.

2. Processor

Processor atau biasa juga disebut sebagai otak pemproses dan pusat yang mengontrol berbagai perangkat lain sehingga fungsi komputer dapat bekerja dengan optimal. Satuan Processor adalah MHz (Mega Hertz) yaitu satuan penghitung kecepatan dalam hal mengolah data atau informasi. Beberapa jenis processor yang biasa kita kenal  dan digunakan sesuai kebutuhan adalah Processor intel Pentium 1 sampai Pentium 4, Intel Core 2 duo, Dual core, dan Centrino.

3. Memory

Memory adalah sebuah tempat yang mampu menyimpan data tergantung seberapa besar kemampuan komputer kita yang sesuai dengan processornya. Jika kapasitas memory yang ada besar maka data yang bisa disimpan pun semakin besar. Beberapa Jenis Memory antara lain adalah ROM, RAM, EDORAM, SDRAM, DDRAM, RDRAM, dll. Memory yang umum dipakai berkapasitas mulai dari 128 Mb, 256 Mb, 512 Mb, 1 Gb, dan 4 Gb tergantung kebutuhan si pemakai.

CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemprosesannya. Jadi pengertian dan fungsi utama CPU sendiri adalah mengistruksikan setiap program yang disimpan di memori utama sebuah komputer. Dilakukan dengan cara mengambil satu per satu instruksi yang kita inginkan dari memori utama dan melakukannya sesuai dengan perintah yang tertera dalam sebuah unit komputer.

About these ads

30 comments on “Central Processing Unit (CPU) pada Sistem Komputer

  1. saya mau tanya soal yang prosesor..sekarang kan ada yang i3,i7..kebanyakan notebook sekarang kaya gitu..nahh i3 atau i7 gitu gimana maksudnya?
    terus bisa di terapin ke prosesor cpu?

  2. hai den, boleh nanya gak?
    sekarang itu teknologi CPU sudah sampai pada teknologi 32nm, apa yg di maksud teknologi 32nm? dan apa kelebihan dari teknologi 32nm?
    makasih

  3. @kautsarz
    Apa itu i3, i5 dan i7 yaitu Processor Core i5 dan i7 dilengkapi dengan teknologi Turbo Boost untuk performance prima, karena Turbo Boost didesain untuk secara otomatis memberikan akselerasi performance dan menyediakan dukungan ekstra performance ketika dibutuhkan.
    Sedangkan untuk processor pemula Core i3 tidak dilengkapi teknologi Turbo Boost, namun menyediakan support grafis HD (High Definition) yang dibangun di dalam processor.

    Tentu bisa di upgrade untuk pc namun motherboard memory juga harus ganti karena memorynya support DDR3.

  4. @agung
    Maksudnya processor menggunakan teknologi berbasis 32nm. Dari namanya, core processor ini menyatukan semua transistor sehingga berukuran 32nm. Processor sebelumnya masih menggunakan teknologi 45nm.
    Jadi kelebihan processor 32nm efeknya processor ini lebih kencang, sekaligus memiliki efisiensi energi yang lebih baik. Karena lebih banyak transistor yang dapat disatukan pada sebuah chip.

  5. @zulfikarakbar
    Extended Data Output RAM, jenis memori yang dapat menyimpan dan mengambil isi memori secara simultan. Jenis memori ini banyak menggantikan primary memori yang ada pada PC terdahulu yaitu FPM (Fast Page Memory) RAM. Karena dapat menyimpan dan membaca secara simultan, maka kecepatan baca tulis pada EDO RAM ini dapat lebih cepat.

    DDR secara teori mampu melakukan transfer rate 2X lebih cepat daripada SDRAM. DDR2 secara teori mempunyai data rate 2x dengan spesifikasi yang sama dibanding DDR (DDR1). DDR3 juga mempunyai keunggulan dibanding DDR2, seperti bandwidth yang lebih tinggi, latensi yang lebih unggul, performa yang lebih tinggi pada power/daya yg lebih kecil, dan lebih bagus untuk perangkat low-power seperti laptop.

  6. oy, den,,,,

    diatas anda mengatakan mikroprocessor itu adalah CPU dan dibawahnya anda menjelaskan lg tentang processor,,,,nah klo boleh tau, perbedaan mikroprocessor dengan processor itu apa sih, dan fungsinya masing-masing, apa-apa aja,,,,

  7. dalam CU (control unit) CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya..berarti dengan adanya CU segala perhitungan dan eksekusi dapat dilakukan secara berurutan tanpa adanya tumpang tindih antara satu perintah dengan perintah lainnya..bener begitu ya..

  8. @suryadi
    mikroprosesor adalah awal mula atau nenek moyang prosesor komputer jaman sekarang. contoh, mikroprosesor seri 8088 berkembang menjadi 80386, 80486, lalu menjadi x86 seperti pentium, athlon dst, sampai sekarang menjadi core i7, phenom dll.

  9. @hendri elef aresius
    ya boss, karena control unit merupakan kunci dari pengoperasian secara otomatis. control unit membangkitkan atau mengeluarkan control word untuk mengambil, mengodekan, dan melaksanakan setiap instruksi.

  10. sama kok karena ALU bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan.

  11. @maulana
    cara kerja CPU :
    1. Mengambil unit kontrol (mendapat) instruksi dari memori.
    2. Decode unit kontrol instruksi (memutuskan apa artinya) dan mengarahkan bahwa data yang diperlukan akan dipindahkan dari memori ke aritmatika logic unit. Ini bersama-sama dua langkah pertama disebut waktu instruksi.
    3. ALU mengeksekusi instruksi aritmetika atau logis.
    4. THC aritmatika logic unit menyimpan hasil dari operasi ini di memori atau register. Langkah 3 dan 4 bersama-sama disebut waktu eksekusi, atau E-time.
    5. Unit kontrol akhirnya mengarahkan memori untuk melepaskan hasil untuk perangkat keluaran atau perangkat penyimpanan sekunder.

    RDRAM (Rambus Dynamic RAM), saat ini semua tipe RDRAM tidak digunakan lagi pada komputer karena harganya yg terlalu mahal dan performance-nya sudah dapat disamai oleh DDR/DDR2.

  12. @irsan
    ya berlaku karena sistem operasi harus memilih salah satu proses untuk masuk kedalam antrian ready (siap) untuk dieksekusi. Pemilihan dilakukan oleh penjadwal short term. Penjadwalan memilih dari sekian proses yang ada di memori yang sudah siap dieksekusi, den mengalokasikan CPU untuk mengeksekusinya.

    Penjadwalan CPU dijalankan ketika proses :
    1. Berubah dari running ke waiting state
    2. Berubah dari running ke ready state
    3. Berubah dari waiting ke ready
    4. Terminates

  13. @aditya
    Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di RAM (melalui Input-storage) apabila berbentuk instruksi ditampung oleh CU di Program storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage. Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Accumulator. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka CU akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.

  14. bos w mo nanya nih klo pc w pentium 4 vga 128 diupgrade ke 512 ap gak ke 1giga bisa gak? tolong bantuan’a…..thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s