Kira-kira nih Tarif Inet Indosat

Mungkin saat ini masih ramai orang membicarakan mengenai tarif telepon atau sms, namun ada kalangan tertentu atau yang punya hobby internet masih pada bingung dan banyak yang belum tahu, GPRS nya indosat tuh brapa sih tarifnya?

Indosat sendiri mempunyai banyak produk kartu yaitu :

1. Mentari
2. IM3
3. Starone
4. Matrix
5. Matrix Broadband

Dari Kartu kartu tersebut, masing-masing mempunyai perhitungan tarif yang berbeda-beda untuk GPRS nya. Lalu jika berbeda-beda, mana yang lebih murah dan menguntungkan?

MENTARI dan IM3

Mentari dan IM3 adalah produk prepaid/prabayar indosat. Untuk tarif telpon dan SMS dari kedua kartu tersebut memang berbeda sesuai dengan paket-paket yang ada, namun untuk urusan tarif GPRS ternyata sama yaitu Rp 1,- /kb atau Rp 100,- /menit. Ternyata prepaid tersebut bisa disetting untuk volume based atau time based. Lalu bagaimana mengunakan kedua tarif tersebut dan kapan sebaiknya menggunakan salah satu dari pilihan tersebut?

Untuk penggunaan tarif Rp 1/kb, maka settingannya seperti biasanya ( ada penjelasan blog saya sebelumnya ), namun jika ingin mengunakan Rp 100/menit maka yang perlu diisi adalah :

* username : indosat@durasi
* pasword : indosat@durasi

Tarif tersebut berlaku untuk dijaringan 2G/3G, dalam arti tetap sama saja tarifnya. Lalu kapan penggunakannya? Jika anda dalam jaringan 3G dan ingin download file yang besar sebaiknya anda mengunakan yang durasi, namun jika hanya untuk browsing dan berada dalam jaringan 2G, sebaiknya pakai yang volume based. Kok bisa begitu? Silahkan dicoba aja, mana yang lebih murah? Namun ada pengalaman juga, bahwa dalam jaringan 3G, saya biasanya dalam 6 jam menghabiskan 35Mb atau sekitar rp 35.000, andaikan pakai yang durasi maka 6x(60×100)= Rp 36.000,- kok hampir sama ya? Ya tentunya, udah diperhitungkan kok sama indosat 😉

Perlu dicatat, perhitungan tarif untuk mentari agak berbeda, saat penggunaannya langsung memotong Rp 500,- sampai kuotanya abis, kemudian memotong Rp500,- lagi dan seterusnya. Untuk IM3 akan langsung memotong sesuai dengan penggunaannya. Dan sebenarnya tarif ini sudah dimulai semenjak bulan Mei 2007 dan kemungkinan akan berakhir sampai dengan 8 Januari 2008. Sampai menunggu perubahan lebih lanjut.

STARONE

Untuk kartu Starone terbagi dua macam yaitu :

1. Jagoan (prepaid)
* Untuk kartu ini juga menggunakan 2 tarif yaitu volume based dan time based. Jika menggunakan Volume Based maka tarifnya Rp 3,-/kb. Sedangkan jika ingin menggunakan Time Based maka tarifnya Rp 111,-/menit. Lalu bagaimana menggunakan untuk tarif2 tersebut? Caranya cukup dengan SMS ke 799, berikut caranya :
o Volume based : REGVOLUM
o Time Based : REGTIME

Tarif smsnya Rp 500,-
2. Postpaid/Paska bayar
* Kartu Starone postpaid ini ada tarif paketnya yaitu : Rp 150.000,- / Gb (GegaByte) dan untuk kelebihannya Rp 500,- / Mb (Mega byte).

Untuk produk Starone dapat berjalan pada kecepatan 115kbps, cukup murah kan dengan tarif segitu?

MATRIX

Bicara mengenai GPRS kartu Matrix ini selalu terjadi perubahan dari waktu ke waktu terutama mengenai tarif. Dan untuk informasi tarif terupdate adalah per tanggal 1 Oktober 2007 ( meski hanya revisi beberapa tarif namun tetap ada persamaan dengan tarif lama ). Matrix mempunyai beragam paket untuk tarif GPRS, knapa bisa seperti itu? Karena matrix mempunyai banyak fitur2 mengenai penggunaan GPRS. Namun yang akan saya informasikan mengenai akses internetnya saja. Berikut daftar harganya :

1. Tarif retail Matrix Rp 5,-/kb.
* Tarif sebelumnya adalah Rp 10,-/kb, namun semenjak 1 Agustus 2007 sudah menjadi rp 5,-/kb.
2. Paket 3,2 G ( paket lama namanya paket Gold ) yaitu Rp 800.000,-/3.2 GByte
* ini adalah perubahan terhadap paket lama yaitu Paket Gold yang dahulu Rp 800.000,- /250Mb namun sekarang kuotanya sudah dirubah menjadi 3.2 Gbyte. Namun paket ini hanya untuk pelanggan existing saja (yang dahulu sudah punya paket Gold) karena per 17 Sept 2007 sudah tidak dilakukan penawaran kembali.
3. Paket Super yaitu Rp 200.000,-/550Mbyte
4. Paket Extra yaitu Rp 100.000,-/250Mbyte
5. Paket Data 100MB yaitu Rp 75.000,-/100Mbyte
6. Paket Data 5Mb yaitu Rp 50.000,-/50Mbyte

Untuk kelebihan penggunaan terhadap semua paket tersebut dikenai tarif Retail. Lalu lebih murah mana Prepaid dan postpaidnya indosat? Jika secara retail lebih menguntungkan menggunakan Mentari/IM3 namun jika kita menggunakan paket Matrix, maka lebih menguntungkan menggunakan Matrix. Dan yang lebih menyenangkan lagi jika anda dalam area 3G, sudah dapat harga murah dan aksesnya lebih cepat lagi….. Silahkan dihitung 😉

MATRIX BROADBAND

Untuk yang satu ini, kelasnya sudah beda. Bagi yang punya kocek lebih dan gila kecepatan namun tetap mendapatkan tarif murah, ini adalah solusinya. Kartu ini sudah berjalan pada 3.5G dengan HSDPA nya yang kecepatannya mampu menembus diatas 2Mbps. Didalam iklannya bisa mencapai 3.6Mbps karena memang secara kartu dan datacardnya sudah support sampai kesana, namun itu terjadi jika kondisi jaringan tidak penuh (sudah ada di blog sebelumnya ). Berikut penjelasan tarif untuk paket broadband yang mengacu tarif baru per tanggal 1 Oktober 2007.

1. PROGRAM RETAIL
* periode promonya 1 Oktober 2007 – 31 Desember 2007

broadband.JPG
2. PROGRAM BUNDLING DATACARD
* periode promonya 1 Oktober 2007 – 31 Desember 2007

broadband2.JPG
broadband3.JPG
*

Dengan beragamnya paket koneksi ke internet punya Indosat tersebut merupakan suatu bentuk pemberian sarana bagi masyarakat untuk memudahkan mereka mengarungi dunia cyber sesuai dengan kebutuhan dan kelasnya. Lalu bagaimana solusi mendapatkan nilai termurah? Tinggal bagaimana pengunaannya, jika kebutuhan anda hanya untuk browsing maka sebaiknya anda menggunakan paket Volume Based, namun jika anda ingin banyak melakukan download file maka sebaiknya mengunakan Time Based. Kesimpulanya, jika anda menggunakan matrix broadband dengan paket kecil, maka gunakan sebagai browsing, namun jika ingin download, gunakan Mentari/Im3 lalu gunakan perhitungan Time based syaratnya jika anda dalam posisi terima sinyal 3G. Jika tidak solusi lain ya gunakan kartu Starone. Gimana? asyikkan? masih mau mencoba membandingkan tarif GPRS kartu lain?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s