I, Robot [IMK]

I, Robot adalah film action tahun 2004 yang disutradarai oleh Alex Proyas. Film ini dibintangi Will Smith (sebagai Det. Del ‘Gary’ Spooner), Bridget Moynahan (sebagai Dr Susan Calvin), Bruce Greenwood (sebagai Lawrence Robertson), James Cromwell (sebagai Dr Alfred Lanning), Chi McBride (sebagai Lt. John Bergin), dan Alan Tudyk (sebagai Sonny) . Juga beberapa bintang yang lain seperti Terry Chen (sebagai Chin), Adrian Ricard sebagai Gigi (Nenek), Shia LaBeouf (sebagai Farber), Fiona Hogon (sebagai viki), dan James Cromwell (sebagai Dr Alfred Lanning).

I, Robot ini dirilis di Amerika Utara pada 16 Juli 2004 dan pada 22 Juli 2004 di Australia. Film ini kemudian dirilis di Inggris Raya pada 6 Agustus 2004 dan di negara lain antara Juli 2004 sampai Oktober 2004. Diproduksi dengan anggaran sebesar US $ 120 juta, film ini meraup US $ 144.801.023 dalam negeri, dan US $ 202.433.893 di pasar luar negeri. Secara keseluruhan, film ini meraup US $ 347.234.916 di seluruh dunia.

Film I, Robot ini menggambarkan kondisi sebuah negara Amerika Serikat pada tahun 2035 di Chicago, dimana peranan robot sangat besar dalam membantu kehidupan manusia seperti pembantu rumah tangga, pengangkat barang, asisten pribadi, buruh pabrik, dll. Karena teknologi yang digunakan dalam pembuatan robot, membuat mereka bekerja lebih cepat dari tenaga manusia.

Pada cerita ini dalam pembuatan robot berpedoman pada tiga hukum yaitu robot tidak boleh melukai manusia atau membiarkan mereka terluka, robot harus mematuhi perintah yang diberikan manusia, kecuali perintah tersebut bertentangan dengan hukum pertama., robot harus melindungi keberadaannya sendiri selama perlindungan itu tidak bertentangan dengan hukum I dan hukum II.

Dimana sebuah perusahaan USR (US Robotic) yang bekerja memproduksi robot untuk kebutuhan manusia. Robot-robot tersebut dapat selalu di upgrade via USR Uplink. USR memiliki alat canggih yang dinamakan VIKI (Virtual Interactive Kinetic Intelligence). VIKI dirancang sebagai sistem perlindungan. Jadi,  VIKI merupakan otak dari sistem robot tersebut. Selain itu dikenal pula istilah nanite, yaitu berbentuk seperti cairan yang tersimpan di dalam tabung, bila disuntikan ke otak sistem akan mempengaruhi semua sistem yang ada.

Dalam ceritanya, terdapat human error dalam pembuatan robot NS5, dimana robot-robot tersebut diciptakan untuk melanggar hukum-hukum yang telah ditetapkan. Sehingga munculah robot-robot perusak profesional yang sangat tidak patuh pada manusia. Untuk memperbaiki sistem tersebut, VIKI harus dihancurkan, dan cairan nanite harus disuntikan ke otaknya.

Selain itu, teknologi komunikasi yang dapat dilihat dari film ini adalah penciptaan sebuah alat yang bernama proyektor hologram. Seperti hologram bewarna hijau yang dapat memunculkan bayangan orang mati, dan diprogram seolah – olah orang mati tersebut dapat berkomunikasi dengan manusia dengan jawaban terbatas.

comment:

Menurut saya, teknologi robot dan sistem digital yang diciptakan oleh manusia bisa sangat membantu mempermudah pekerjaan manusia. Bahkan bisa merugikan manusia jika terjadi kekacauan pada sistem. Bila dilihat dari segi sosial ekonomi, teknologi tersebut dapat menambah pengangguran, dan mengurangi interaksi sesama manusia karena semua pekerjaan telah dilakukan oleh robot sehingga berkurangnya  rasa saling ketergantungan sesama manusia.

source: http://www.google.com

Advertisements
By Denny Abdul Basit Posted in KuLiah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s